Rabu, 06 April 2011

Perbedaan antara PPC dan PTC

Share Disini saya coba menginformasikan apa itu PPC dan apa itu PTC. Dalam dunia internet khususnya bagi para Pencari Recehan (dollar tentunya :p) PPC dan PTC sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Sistem bisnis ini sudah sejak dulu ada di dunia internet sampai-sampai hampir semua pengguna internet menyisipkan iklan  ang mereka punya jadi tidak heran jika pada saat kita membuka blog / web seseorang ada banyak iklan di dalamnya. Pada dasarnya keduanya merupakan sama-sama program periklanan yang berhubungan dengan klik meng-klik iklan. Mungkin sebagian besar, program PTC dan PPC sama-sama memiliki Affiliate Programs, ya tujuannya untuk mengajak orang dan omzet terbesarnya adalah dari sistem referral tersebut. Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa sebenarnya di balik semua itu terdapat perbedaan yang sangat mencolok.

PTC kepanjangan dari “Paid To Click”  sedangkan PPC adalah “Paid Per Click”. Jika dibandingakan dalam bahasa Indonesia akan tampak jelas perbedaannya yaitu yaitu di bayar “untuk mengklik” dan di bayar “per” klik. Berikut fakta-fakta antara keduanya :

Paid Per Click (PPC )
Ada 2 pilihan yang bisa di pilih pada setiap PPC / Pay Per Click :

1. Publisher
Kita dapat memasang iklan dari PPC tersebut ke web / blog kita untuk mendapatkan penghasilan dengan syarat yang telah ditentukan.
2. Advertiser
Kita sebagai advertiser (Pengiklan) dapat memasang iklan dalam web PPC tersebut sebanyak yang kita mau dengan harga yang telah ditentukan.

PPC ada bermacam macam baik dari dalam negeri maupun luar negri  pada umumnya penghasilan yang bisa kita dapat dari suatu PPC adalah 300 per klik dan (AdsenseCAMP) 10% dari total hasil referral kita. Inti dan Sistem Kerja PPC sebagai Publisher adalah

- Bila dalam 1 hari ada 10 pengunjung ke blog / website kita dan mereka semua klik 1 iklan PPC kita maka 10 klik x 300 = 3000  Namun jika kita mempunyai 10 referral dan mempunyai hasil (pengunjung)  yang sama dengan kita maka :
10 x 3000 x 10% = 3000 Jadi totalnya adalah 3000 + 3000 = 6000 / hari

Paid To Click (PTC)
PTC (Paid to Click) merupakan sebuah program advertising yang memberikan komisi kepada pembaca yang menge-klik dan melihat iklan yang mereka sediakan. Ada banyak situs PTC seperti Bux.to, Titanclicks, Advercash, dll. Setiap situs memberikan bayaran yang berbeda untuk setiap klik iklan. Misalnya bux.to memberi U$0.01 untuk setiap iklan yang diklik.

Bagaimana kita mendapatkan uang dari PTC, seperti saya sebutkan di atas. Hanya dengan menge-klik iklan yang mereka sediakan lalu U$0.01 akan ditambahkan ke akun kita. Namun disini ada aturannya. Kita harus menunggu selama beberapa detik untuk setiap iklan yang kita klik, sebelum kita menge-klik iklan berikutnya. Timer ini juga berbeda-beda untuk setiap situs. Ada yang hanya 10 detik, 20 detik, 30 detik, bahkan 40 detik.

Uang kita akan ditransfer via PayPal, AlertPay atau e-Gold setelah mencapai minimal cashout (tiap program memiliki batas yang berbeda-beda tapi rata-rata mensyaratkan minimal $10).
Haruskah kita membayar untuk mendaftar pada program-program ini, daftar program ini tidak dikenakan biaya pendaftaran. Cukup mengisi formulir pendaftaran online (biasanya cuma nama, email, username, password). Tetapi kita harus membayar untuk meng-upgrade account gratisan kita ke account premium. Dengan begini kita dapet full access ke iklan-iklan yang disediakan. Alias jumlah iklan yang di-klik juga lebih banyak. Tapi jika tidak ingin upgrade juga tak apa.

Apa itu Referral, Referral adalah bagaimana seseorang terhubung atau mengikuti situs tertentu atas rekomendasi kita. Disini, referral berupa sebuah alamat unik yang berbeda untuk setiap account. Jika orang mendaftar ke sebuah situs dengan sumber alamat unik dari kita ini, maka kita akan memperoleh komisi. Begitu juga pada program PTC. Kita bisa menggandakan pendapatan kita dari sebuah situs PTC. Komisi ini termasuk: sign up, referral clicks (jika referral anda mulai nge-klik iklan), upgrades (jika referral anda upgrade ke premium account), bonuses (tergantung pada situs PTC yang anda ikuti).

Kesimpulan….. JADI AND JADI

     - Pada PTC kita di bayar buat mengklik iklan = “melakukan klik iklan dengan sengaja oleh diri kita    sendiri”. Sedangkan PPC, iklan yang ada justru TIDAK boleh kita klik sendiri (apalagi atas dasar kesengajaan), melainkan harus di klik oleh orang lain yang memang butuh informasi lebih jauh mengenai iklan tersebut, dan pendapatan kita (publisher) di tentukan oleh seberapa sering iklan tersebut di klik orang lain dan seberapa besar harga iklannya.
     -Pada PTC sama sekali tidak dibutuhkan adanya blog atau website sendiri untuk menjalankannya, sedangkan PPC, kita harus memiliki blog/website untuk menampilkan iklan dari para advertiser (pemasang iklan).
     -Tingkat SCAM (penipuan) pada program PTC relatif tinggi, mengingat umumnya program seperti ini tidak dikelola secara proffesional, dugaan saya sih mungkin kurang dari 1% lah dari keseluruhan program PTC di seluruh dunia yang benar-benar terpercaya dan membayar. Jadi kalo kamu pengen ikutan program begini, cari informasi dulu tentang penyedia PTC tersebut. Untuk PPC tingkat penipuannya relatif lebih sedikit, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Hal ini dikarenakan program program PPC pada umumnya memang dikelola secara proffesional oleh perusahaan besar, legal dan  terpercaya.
     -Dari kedua jenis program tersebut saya lebih senang PPC, karena beberapa alasan diatas yang udah saya tulis. Tapi inget bukan berarti saya menganggap PTC itu cuma program yang main-main, karena pada dasarnya apapun program yang dijalani apabila kita melakukannya dengan serius, ikhlas dan penuh ketekunan, tentu kita akan merasakan hasil dari jerih payah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar